Friday, April 12, 2013

Wisata Merapi



Pagi yang cerah hari ini (oke gue mengada-ada, karena langit masih gelap, dan gue gak bisa bedain mana langit yang cerah dan mana yang mendung kalau lagi gelap gitu). Gue bangun gak seperti biasanya. Kali ini, gue ngedahuluin adzan shubuh berkumandang. Mantep gak? Rezeki ayam bakal gue patok duluan. Di ruang kecil, di tempat homestay yang gue dan Ryo tinggalin selama gue di Jogja ini. 

Dan semaleman gue menghindari tangan Ryo yang mencoba memeluk gue dari samping. Ah, kampret memang, dia suka mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Hari ini, diagendakan untuk mengunjungi Merapi. Melihat wisata apa yang bakal disuguhkan di sana, seperti batu alien, dan jalur kawah yang turun waktu terjadi erupsi serta makam Mbah Maridjan. Kami berdua bakal ditemani sama Tyas, partner yang nemenin kita selama di Jogja.

Si Tyas ini janji bakal nemenin kita dari jam 6 pagi, sementara gue dan Ryo udah di rumahnya, Tyas malah gak bisa dikabarin. Kan ngeselin, yah. Udah dingin-dinginan di motor berdua Ryo, yang untungnya Ryo gak meluk gue dari belakang karena kedinginan, Tyas malah baru bangun pas kita udah sampai rumahnya.

Gue kira jarak dari KM12 Kaliurang ke Merapi, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Eh ternyata, prakiraan gue melenceng jauh. Jauuuuuuuuuuuh bangeeeeeeeeeet. Jadinya, kita bertiga perlu naik motor buat menuju ke sana.

Karena perjalanan ini ala backpacker, jadi kita tidak mengambil tur atau nyewa motortrail pas di Merapi-nya. Padahal keren gitu kalau gue naik motor trail, kan? Bisa bikin cewe-cewe klepek kayak burung merpati lagi giring-giringnya sama merpati yang cowo. Seandainya saja.

Oh iya, biaya masuk ke kawasan Merapi ini Rp. 3000 per orang. Murah banget, kan? Ya walaupun murahnya sama aja kayak masuk ke Ragunan pas gue kecil dulu. Dulu, lho. Lebih baiknya sih yang dulu-dulu jangan suka diinget kadang bikin hati yang suka perih gitu. (bukan curhat)

Pertama, kita harus nengok ke makam mbah dulu. Sebagai bekas abdi gunung Merapi ini. Eh jangan bekas deh, mantan aja. Layaknya orang yang harus hormat kepada orang yang lebih tua. Gue gak bisa bayangin yah, gimana kejadian yang sebenarnya gitu. Mobil APV aja hancur begitu, gak lebur, tapi hancur kayak kebakar gitu. Anehnya, ban motor yang terbuat dari karet, malah gak hancur. Gokil. Itu pakai karet apa ya memang? Kondom? Astagfirullah. Sorry, gue khilaf ngomong kondom gitu.



 
Kalau gue, lebih tertarik ngeliat gunungnya. Mungkin udah jadi naluri sendiri gitu, ya, buat gue kalau lagi ngeliat gunung. Bawaannya pengen aja buat ngedaki gitu.

Batu alien, ini sebutan aneh memang. Alien? Dan gue kira bentuknya mirip pesawat UFO gitu. Tapi cuma batu yang bentuknya kurang lebih ya mirip batu aja. Gak lebih. Sayangnya, pas gue ke sana ada yang bekas coret-coretan gitu. Sungguh gak menghargai alam banget, orang yang seperti itu. Dewasalah dikit. Jangan ada batu dikit, kalian tulis “Anak Alay By Chapoenks.” Hell-o, ini udah bukan jaman jahiliyah lagi, kan, ya?


gue curiga dia pelakunya, sih



Wisata apa lagi ya? Kalau menurut gue sih, udah cuma sampai batu alien aja. Kita bertiga mencoba lagi untuk ke atas, ada jalur buat pendakiannya gitu. Coba naik, dan belum jauh kebanyakan capeknya pada. Hehe. Akhirnya, semua kelelahan pas di tempat peristirahatannya gitu. Gue mencoba nerusin sendirian. Tapi setelah gue pikir-pikir, ini memang bener jalur pendakian gitu, deh. Gue ngeliat jejak sepatu gitu. Baru semuanya. Namun, gue balik lagi ke tempat yang tadi, ya karena satu hal yang mengharuskan gue turun.

Di atas sempet nemuin plang UGM gitu yang kerjasama pasca erupsi. Foto, deh. Sebagai petualang sejati, kita harus foto di sana, dong. Biar eksis.


Yak, mungkin gue cuma dapet mengomentari segitu aja di Merapi. Lain kali, naik gunungnya aja biar lebih seru. Oh iya, dapet salam dari Ryo. Jomblo, nih. (gue abis diminta promosiin)


2 comments:

  1. Harus nyobain jeep offroad nya bro nanti kalau ke sini lagi, gw udh pernah ngerasain dan emang worthed haha..
    Ni tempat emang recommended dah buat di kunjungin dah itu sejuk lagi udara nya :D

    My Blog : http://www.thedreamerblog.com

    ReplyDelete
  2. Wah iyaaa seharusnya naik itu, yah. Lain kali wajib nyobain ah. Ini karena kebentur budget sih kemarin.
    Iya sejuuuk banget udaranyaa. Udara khasnya gunung lah ya? hihi

    *segera meluncur ke blognyaaaaa*

    ReplyDelete