Tuesday, October 27, 2015

Camp Ala Blogger Camp 2015

Dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional, para sesepuh blogger Indonesia akhirnya membuat acara kumpul-kumpul. Acara tersebut diwakili dengan nama akun twitter @bloggercampid. 

Acara ini sudah lama dinantikan oleh para blogger, karena acara sejenis ini, yang notabene menjadi ajang-ajang kumpul telah lama vakum dan hibernasi sejenak. Mungkin, hal tersebut yang menjadikan dasar mengapa acara seperti ini dihidupkan kembali.

Dengan mengusung tema “Membangun Kredibilitas Blog”, acara ini siap digelar. Para peserta yang ikut juga tak main-main, banyak para blogger senior ataupun blogger cupu macem gue ini. Tapi, menurut gue, dengan tema seperti hal di atas, panitia bakal sukses mengadakan acaranya.

Yaiyalah, kredibilitas blog saat ini sangat diperhatikan oleh masing-masing blogger. Mungkin karena pengakuan dari sesame blogger ataupun blognya menjadi dasar setiap orang mencari berita.

By the way, blogger camp ini tidak hanya diadakan di satu kota saja, melainkan di empat kota. Yaitu, Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makasar. Acaranya dibuat serentak, mulai dari 26 – 27 Oktober 2015. Sehingga, kalau kalian melihat lini masa twitter, mungkin banyak hastag-hastag seperti #bloggercampid, #lovekonten dan #JKT/#MKS/#SBY/#PWR.

Pada kesempatan kali ini, gue akhirnya mengikutkan diri, setelah blog gue hanya dipenuhi curhatan-curhatan galau dan mewek. Cukup sedih ya jadi gue. Hiks :(. Secara gue mau kenal siapa aja sih blogger yang lagi hits di abad ini.

Oke skip.

Kegiatan acara ini meliputi banyak hal seru. Pertama kali dimulai aja, peserta diajak untuk berkeliling Hotel Harris Tebet. Dari sekian banyak fasilitas yang dituju, seperti Kamar (Harris Room dan Suite Room), Fitness (Gym), Harris Butik dan Meeting Room. Banyak kan, ya?. Kalo gue sendiri, sih,  favorit ke bagian Fitness dan Spa-nya. Ya, mau gimana lagi, karena belom ada kesempatan buat ngikutin fitness secara resmi, jadilah gue cuma mengagumi fasilitasnya.

Sumber : Dokumen Pribadi


Kemudian, setelah mengunjungi Harris Tebet, para peserta dibagi menjadi dua rombongan, saat pembagian bus ke lokasi tujuan, yaitu Hulu Cai, Bogor. Gue sendiri berada di bus kedua, dengan Mas Alex sebagai MC-nya, perwakilan dari Juara Agency. Anyway, pantesan badannya jadi, dia juga merupakan orang Golds Gym, toh. Pantes aja badannya ‘jadi’.

Bagi-bagi hadiah pun jadi menarik di sana, mulai dari live tweet mengenai Bluebird Group, post foto sandal dari Harris Tebet dan menjajal pisang dengan kulitnya yang bisa dimakan oleh SunPride. Oke untuk kulit pisang yang langsung bisa dimakan, itu bohong.

Sesampainya di Hulu Cai, pukul 17.30, lalu disambut dengan makan malam. Gue paling semangat untuk acara makan mah, secara belom makan dari beberapa hari lalu. Hahaha, bercanda. Setelah makan, dilanjutkan dengan pembagian tenda.

Gue, yang sehabis ibadah, bingung dong ada di tenda mana, karena gue gak mendengarkan. Mencari dimana dimana tenda gue berada.

Acara malam dimulai dengan sharing-sharing ala-ala lucu. Dari sharing dari @ndorokakung, Pakdhe Wilung dan Mba Nuniek (yang ternyata sesepuh blog), sampai media yang mendukung acara ini yaitu Net Media.

Net Media menerangkan Net Citizen Journalism, itu semacem gimana sih caranya jadi Jurnalis Rakyat yang selalu melaporkan apa yang terjadi secara nyata di kalangan masyarakat. Baik dari video, tulisan ataupun video dicampur tulisan.

Kayanya gue mesti ikutan Net CJ, nih, hadiahnya lumayaan, bro. Bisa biayain gue naik gununglaaah.

Membangun Kredibilitas Blog

Tema untuk Talkshow yang dimoderatori oleh Ndorokakung ini, sangat menyenangkan. Dari beliau yang sangat sekali guyon, dan juga gue sempat ngobrol-ngobrol saat sarapan dengan beliau. Ternyata beliau memang mengasyikkan.


Ngobrol bareng @ndorokakung
Sumber : @NegeriID


Kembali ke tema talkshow-nya,

Dari para pembicara seperti Mas Iman Brotoseno (@imanbr), kemudian Mas Nirwan dan juga Mas Maulana sebagai perwakilan dari twitter. Banyak hal yang gue dapat dari gimana sih cara kita bangun kredibilitas blog sendiri.

1. Sering Menulis

Karena menulis itu adalah bakat setiap orang, jadi jika orang yang ingin menjadi penulis, tetapi jarang latihan. Jangan harap bisa menjadi penulis yang mempunyai branding sendiri.

2. Jadilah Penulis yang Spesifik

Kemudian, selain latihan menulis yang selalu terus dikerjakan. Ada baiknya, kita perlu memilih, maunya menjadi penulis seperti apa. Jadi penulis spesifik atau penulis yang general. Keputusan seperti itu, bisa kita buat sendiri tanpa melibatkan orang lain.

3. Sebelum menulis, perlu mencari riset yang mumpuni

Menurut gue, sih, bener bangeet. Seenggaknya, kita juga tau apa sih yang bakal kita tulis. Walaupun sebenernya kita sudah melewati atau mengalaminya.  Seakan, kita itu mesti tau, apa yang menjadi dasar kita menulis tentang hal tersebut.



 Sumber : Dokumen Pribadi

Oh iya, Blogger Camp 2015 didukung oleh Indosat Love, Net Media, Sunpride ID, Tauzia Hotels, Juara , Bluebird Group dan masih banyak media lainnya.

Ah, kegiatannya masih ada yang seru, nih. Padahal mau ketemu @arievrahman. Tapi kayanya belum dateng. 

By the way, udah dulu, yaaa guys, masih mau ikut acara lain.

3 comments:

  1. ahahahakkk kenapa foto manekinnya sih dekk yang didepan kzl ah :D

    ReplyDelete
  2. huahahahaha tulisanmu sangat singkat padat dan jelas. blogger camp kemarin asyik, yha~

    ReplyDelete