Saturday, October 25, 2014

Us vs Ojek Papandayan


Its good when you could write about your experience, your story, and your life. Mungkin, gue seorang pelupa dalam hal bukan janji, makanya seneng aja nulis kisah di blog gue ini. Yap, tulisan menjadikan kita abadi. Betul bukan?

Oke.
Seperti biasa, kisah ini tentang gue, temen dan perjalanan menggunakan backpack ataupun engga. Sebelumnya, url ini diganti karena sebuah alasan, yang sebelumnya adalah backpackergagal, sekarang menjadi nama gue sendiri. Kenapa? Karena, backpack belum selalu melekat sama gue, tapi dengan url menggunakan nama gue, berdoa aja akan selalu ada postingan baru terus, karena ga selalu melulu soal trip, naik gunung ataupun semacem mengunjungi kota. Dengan blog ini, gue bisa gegalauan, ya walaupun gue udah punya blog khusus untuk gegalauan. Haha.

****
Sabtu, 05.45

Gue udah duduk manis di pinggir jalan Pasar Rebo, ngeliatin mobil, motor dan bis berlalu lalang. Pagi itu dingin, engga kaya biasanya. Sudah ditemani oleh backpack pinjeman abang gue, Deuter Fox, keren ga sih, backpacker ga modal kaya gue bawa Deuter. Haha. Walaupun minjem, tetapi harus tetap gayalah. Camkan itu, anak muda.

15 menit berlalu, 2 bis Primajasa sudah berlalu, sedangkan teman gue belum dateng-dateng juga pada saat jam yang sudah ditentukan. Oke, dalam hati, ini bakalan ngaret. Ngaret dalam jadwal yang udah ditentuin itu, kayaknya udah biasa banget, ya. Gue selalu ngalamin itu di setiap perjalanan. Gue juga sering ngaret soalnya.

Btw, ngomongin soal ngaret, kenapa kalau kita telat dibilang ngaret, ya? Padahal kan, bisa hal lain, misalnya sempak atau kolor. Kan karet, sempak dan kolor itu sama aja, sama-sama bisa melar atau kendor. Jadi menurut gue, ya mending sempak atau kolor aja, jangan ngaret gitu. Biar beda kaya media tv itu tuh.

Lupakan soal ngaret, sempak ataupun kolor.  Gak sewajarnya mereka kita omongin diem-diem di sini. Itu gak adil banget.

Akhirnya, orang yang ditunggu-tunggu datang juga. Setelah ketemu, lalu nunggu sebentar lagi buat naik bis yang datang. Yap, Primajasa tujuan Garut sudah terlihat dari kejauhan, berhenti di lampu merah
“Far, ayo, bis-nya udah dateng.”
“Mana?”
“Noh” Tangan gue sambil menunjuk ke arah bis

Sabtu, 06.45

Kita sudah naik bis, ya apadaya, bis di sabtu pagi memang selalu penuh untuk tujuan ini. Jadi, mau ga mau, kita harus berdiri selama hampir 5 jam perjalanan. Memang namanya rejeki anak soleh, dikasih tau kenek bakal ada yang turun di Km 57. Yap, sekitar 1 jam perjalanan akan tetap berdiri, dan sisanya pasti duduk. Muehehehe.

Sabtu, 11.45

Sesampainya di Terminal Guntur, seperti biasa banyak abang-abang angkot langsung nawarin .
“Kemana? Papandayan atau Cikuray?” Tanya abang angkot dengan sigap.
“Nanti kang, masih nunggu teman.”
“Temannya udah nungguin itu di luar, naik dulu aja.”

Dalem hati, “Anjrit, abang angkot ini tau teman gue  yang mana, padahal baru pertama kali ketemu. Hebat banget.”

Gila gak sih? Baru pertama kali ketemu aja udah tau teman gue yang mana. Gue, seumur-umur, belum pernah tuh namanya udah tau teman orang yang gue tanyain. Misalnya, gue ketemu orang di bis.
“Mas, kemana tujuannya?” Gue nanya saat di bis.
“Ke kota X, bang.” Mas-masnya ngasih tau.
“Oh gitu, temannya udah nungguin itu di terminal.”
“A…abang ko tau teman saya? Abang maling ya? Abang pencuri ya? A…abang siapa sih? Atau abang itu peramal?”

Demi menghindari kejadian seperti itu, baiknya nih ya abang angkot. Kalau ada orang bilang lagi nungguin temannya, jangan dibilang udah nungguin di pos atau terminal, gitu. Dosa Bang, kalau boong, bisa diomelin mamanya nanti. Gak boleh gitu lagi ya, Bang. (emang ada abang angkot yang baca tulisan ini?)

Tapi anehnya, gue percaya aja gitu sama abangnya, setelah beli-beli logistik di alfa. Gue langsung nyariin orangnya, dan pas ketemu, bukan teman gue. Emang PHP abang angkot itu. PEHAPEEEEEEEE!!!!!. Duh jadi sebel.

Ya gapapa sih, jadi orang yang disangka teman gue itu, juga lagi nungguin temannya juga. Jadilah kita kenalan pada pandangan pertama. Gila, romantis banget gak sih gue. Padahal mah, ngajak kenalan cewe di pandangan pertama aja ga pernah.

Sehabis solat, langsung kita kenalan. Namanya Ucup, awalnya gue kira dia adalah pemain film di Bajaj Bajuri, tapi ternyata bukan, hampir aja gue ajak foto orangnya.
Oh iya, dalam perjalanan, jangan sampai ninggalin ibadah, takutnya nanti ditinggalin pacar juga.

“Ben ben, ga nyambung!!!!” Protes penonton.

Si Ucup ini, akhirnya kedatangan temannya, namanya Nuy (kayaknya sih). Mereka cerita, kalau niat naik Papandayan, sama kaya gue dan teman-teman. Namun pada akhirnya, temannya ngebatalin naik. Jadilah mereka berduaan doang.

Biar mereka gak garing berduaan aja, akhirnya mereka ngikut kita. Kita sih asik-asik aja, asal ada tambahan makanan aja nanti. Mueheueue.

Suasana menjadi garing. Jempol cantengan gue dilalerin. Tambah garing.

Kita ngobrol-ngobrol jadinya, yang awalnya canggung, lama-lama membaur. Sama kayak pedekate, awalnya canggung, lama-lama juga timbul cinta. Atau sama kayak pacaran, awalnya kaku dan jaim, lama-lama bakal ketauan jeleknya masing-masing. Memang, perkenalan itu ada proses.

Sabtu, 12.30.

Herdi akhirnya datang, teman gue dari Bekasi. Gausah bully Bekasi di sini. Gak adil. Tapi ya, padahal teman gue ini, naik bisnya duluan, tetapi kok nyampenya duluan gue, padahal gue dari Jakarta. Memang Bekasi itu ada di planet apa, sih? *Cuma nanya*.

Kira-kira jam 1 lewat, kita berlima (Gue, Jafar, Herdi, Ucup dan Nuy (kayaknya sih)) jalan ke Cisurupan. Ternyata, angkotnya udah naik harga menjadi  Rp. 15.000 per orang. Sedih banget gue. Huuuft.

Sesampainya di Cisurupan itu jam 2-an, langsung mencoba makan nasi padang biasa (Baca cerita Papandayan sebelumnya). Eh pas dilihat lebih jelas, kok warung makannya jadi toko material, sih. Kan ga mungkin ya, gue disuruh makan material bangunan gitu. Ga mungkin, kan? Gak kan? Jawaaaaaab. *mulai posesif*

Tanpa baibubeo, kita langsung nyebrang yang ada ke tempat warung makannya. Mungkin, emang udah kelaperan karena ga sarapan sama sekali tadi pagi. Nasinya bau dikit, tetap dihajar aja, bleh.

Sabtu. 15.00 kurang banyak atau dikit.

Perjalan ke camp david, siap dimulai. Si Herdi, yang orang Sunda ini, langsung disuruh nawar angkot. Dan problem ini dimulai, ternyata Herdi nawar tukang ojek. Padahal harganya ditawar menjadi Rp. 20.000 aja gak mau. Kurang ngehe apa itu si tukang ojek.

Oke, lalu kita sepakat untuk nunggu rombongan berikutnya. Dan ketika rombongan tersebut datang, eh si  tukang ojek ngekiin, kita berlima gak boleh naik mobil bak terbuka gitu. Anjrit, ngeselin banget. Bungcuuudh.

“Udahlah, jalan aja.” Anjuran gue, dan si Jafar juga udah disuruh jalan dulu sama supir mobilnya
“Deket kan jalannya?” Tanya Ucup
“Ya lumayanlah.” Padahal ya, jalannya jauuuuh banget itu. Gue sih sok cool aja jawabnya. Haha.

Setelah jalan hampir jauh, si mobil ga berhenti, si supir diancem sama tukang ojeknya. Ngehe yang combo ini si tukang ojek. Oke, mau ga mau, kita jalan lagi. Sekiranya udah hampir 1 km, ada mobil bak yang dateng. Eh si kampret tukang ojek yang mirip Andika kangen band itu nyamperin. Bocah bapet. Ngehe abiiis.

Anjrit, ini tukang ojek posesif banget.

Karena gue orang yang menghindari konflik, gue sih langsung jalan aja sama Jafar. Pastinya sambil ngedumel. Orang sekarang mah yang penting ngedumel dulu, biar keren.
Gak disangka-sangka, si Herdi mampu menjinakkan si tukang ojek yang ngehe itu. Jadilah, kita naik mobil bak terbuka, ya walaupun biayanya jadi Rp. 22.000 per orang.

Huft sebel.

To be continued.
Anjrit udah kaya pilem-pilem ye.

0 comments:

Post a Comment